Kantor Kedua

Hidup itu Pilihan...

Postingan ini... terinspirasi dari curhatan beberapa teman... yang bingung antara bekerja atau di rumah...

Dari dulu...
Sejak SMA... kuliah... kerja... sampe nikah pun... ga kepikiran sama sekali sama yang namanya kerja di rumah...
Bayangannya aja... dulu itu... bakal kerja di kantor... tiap pagi pergi jam 7... pulang minimal jam 6... dapet duit sendiri... belanja segala macem... jenjang karier di kantor... en segala macam barang yang bisa dibeli dengan gaji...

Tapii... sejak ada ahnaf... aslii... rasanya keinginan itu memudar satu demi satu... rasanya ga tegaa banget ninggalin ahnaf yang masih kecilll sekali itu ke tangan orang lain...

Aku siy ga pernah menjudge ibu yang kerja di kantor... adalah ibu yang buruk... dan ibu yang di rumah... adalah ibu yang baik... ato ibu yang di rumah... adalah ibu yang bodoh... dan ibu yang kerja di kantor adalah ibu yang pintar... hmmm... itu semua hanya masalah pilihan kan?... dannn saya yakin seyakin-yakinnya... ibu yang kerja di kantor... atopun ibu yang di rumah... pasti semua menyayangi keluarganya sepenuh hati...

Terus terang... walaupun aku di rumah... aku bukan ibu yang baik... yang hobi masak, beberes rumah, en ga geregetan sama anak kalo mulai bandel... tapii... seperti ibu-ibu lainnya... aku selalu berusaha untuk belajar jadi ibu yang terbaik untuk keluarga... dan belajar ituu ternyata butuh waktu yang sangatt panjang... dan tetap meneguhkan hati... ketika rasa bosan itu mulai ada :D...

Dan... terus terang juga... walaupun aku sudah 2 tahun di rumah... bulan lalu... aku mendapat tawaran untuk menjadi asisten Oracle Finance di sebuah perguruan tinggi negeri ternama di indonesia tanpa pendaftaran... dan jika aku ga bisa datang tiap hari... mereka menawarkan asisten freelance juga... tergantung milih yang mana... terbukti kan?... walaupun sudah 2 tahun di rumah... ternyata aku bukan ibu yang bodoh... dan kemampuannya masih bisa dibandingkan dengan yang lainnya... dan... tawaran proyek yang terbaru... adalah kerjasama untuk buat software aplikasi penjualan dan pembelian... hmmm... lagi dipikir-pikir ini... kira-kira aku mau masuk tim ato ga...

Tapi... semua itu kembali ke konsekuensi awal... aku memilih di rumah... bukan karena desakan suami... bukan karena ga keterima kerja... tapiii... memang karena pilihan... sehingga... mau ga mau... dengan adanya ahnaf dan hamil muda... aku harus merelakan kesempatan itu dong... walaupun ilmunya bener-bener bikin ngiler...

Ketika ahnaf lahir... sejak awal sudah minta izin ke suami... untuk membebankan segala macam keperluan rumah tangga dan pengeluaran kesenangan keluarga hanya ke pundak dia... dan alhamdulillah... suami selalu menyetujui langkah-langkah yang aku pilih... meskipun mungkin beratt bagi keluarga kita tapiii... insya allah itu yang terbaik buat keluarga kita... dan alhamdulillah juga ortu selalu mendukung langkah yang kita inginkan... walaupun mungkin ga sesuai sama mereka...

Tahu kok... konsekuensi yang harus dihadapin... ketika memilih untuk ga bekerja... yappp... Aku ga minta mobil kok... juga ga minta gonta-ganti gadget terbaru... ato jalan-jalan di mall tiap minggu... yang penting hidup kami sekeluarga cukup dan ga kekurangan... itu sudah alhamdulillah banget... gpp lahhh cuma naik motor kemana-mana... biarpun temen-temen seliweran pake mobil... gpp lah cuma pake hape minimal... biarpun tetangga punya BB sampe iphone... gpp juga tiap minggu cuma bisa ngedekem di rumah biarpun lainnya bisa window shopping ke mall... syukuri aja yang terjadi sekarang ini...

Buat temen-temen aku yang di rumah yang sering bete... hmmm... kalo di rumah itu emang mesti ngotot... soalnya... denger tetangga ngomongin kita yang kuliah tinggi-tinggi cuma buat di rumah... kita pasti sebell... denger keluarga yang mengungkit biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk kita tinggal di rumah... kita pasti jengkel... lihat ibu-ibu lainnya yang mondar-mandir tiap pagi en sore buat berangkat en pulang kantor... kita pasti iri... Hmmm... kasian keluarga kan?... ibunya ga 100% merhatiin anak... trusss... pendapatan tambahan buat keluarga ga ada...

Buat temen-temen aku yang di kantor yang susah mikirin anak... hmmm... kalo kerja di kantor haruss rajinn dongg... yang bisa dikerjain sekarang... kerjakan... ga usah main FB... chatting... ngerumpi... ato nonton TV di kantor dongg... coba... kalo misalnya kerjaan jadi ga beresss... en mesti ngelembur mulu... waktu buat ketemu anak jadi lebih singkat kan?... yang pengennya cepet ketemu anak... gara-gara kerjaan ga beresss... jadiii lebih lama dong pulangnya... kasian keluarga juga kan?... ibunya kelamaan di kantor gara-gara kerjaan yang ditunda untuk dilakukan...

Intinya cuma satu... lakukan yang terbaik dan sepenuh hati pilihan kita ini... insya allah... balasannya juga yang terbaik untuk keluarga kok...

Yah... selama yang terjadi sekarang ini sesuai dengan pilihan atau keinginan kita?... apalagi yang kurang?... memang siy... konsekuensinya ga selalu menyenangkan juga... tapiiiii... hidup itu pilihan... pasti ada resiko yang harus diambil... jadiii nikmati dan syukuri saja...

9 comments:

Puput said...

yup hidup memang pilihan, mau kerja atau mau dirumah gak ada yang salah..

pastinya itu semua udah di timbang2 dan di pikir mateng2 baik buruknya.

Juminten said...

bener, mbak. aku jg ga pernah meng-under estimate ibu RT (ibu Rumah Tangga).
malah kadang lebih salut...
membuat pilihan itu emang ga mudah, tp lebih ga mudah lg menjalaninya. :P
semua pasti ada resiko. tergantung kita bisa sepenuh hati atau ga menerimanya. ;)

Bang Aswi said...

IRT itu pekerjaan istimewa, tidak semua orang mampu mengerjakannya. Yup, lakukan yang TERBAIK. Itu saja sudah cukup kok....

LophLovingYou said...

mbak mela, salam kenal.
Aku kiky yang di kolom komen mbak Maya :)

Kata orang, selama kita hidup, selama itu pula kita pasti akan dihadapkan pada pilihan. Yang penting siap dgn segala risikonya :)

nie said...

hm..betul mbak. hidup itu pilihan. dan apapun yang udah kita pilih, haruslah dijalani dengan baik dan sepenuh hati. makasih buat sharingnya. :) lam kenal

mel@ said...

@puput : tulll put... yang penting ngerjainnya mesti kasih yang terbaik...

@nilla : yaa... kalo sepenuh hatii... kita juga jadi seneng kok ngejalaninnya... ga dianggap sebagai beban... baik di kantor ato di rumah...

@bang aswi : tulll bangg... akuurrr... :D

mel@ said...

@kiky : yaaa tulll... hidup kan pilihan... jadiii segala sesuatu pasti ada resikonya...

@nie : lam kenal juga... makasih juga buat mampirr yaaaa.... ^_^


Life is Wonderful
said...
This comment has been removed by the author.

Life is Wonderful
said...

Cappuccino Blog



Life is Wonderful :)