Kantor Kedua

Eksplorasi Ahnaf...

Ah... mau cerita ahnaf aaahh....

Hhhfff... ahnaf sekarang lagi bandel-bandelnya... lagi lucu-lucunya... lagi imut-imutnya... lagiii sibuk mengeksplore segala macam sesuatu di sekitar dia...

Yaa... selama ini siy... aku sama misua berusaha buat mendidik anak mengeksplore segala sesuatu di sekitar dia... jadiii... dia megang barang apaaa aja... kita bolehin... asalkan bener-bener kita awasiinnn bangeettt... dia pergi kemana ajaaa... kita turutin... asalkan bener-bener kita ikutin banget...
En... untungnya... selama aku di malang... nenek en kakeknya ahnaf setuju banget dengan pola pendidikan aku en misua...

Jadiilah... dari sejak bangun tidur... mandi... ahnaf udah kita ajak jalan-jalan keluar... kita biarkan dia jalan-jalan keliling kompleks... dari mulai jalan naik turun di sekitar kompleks... lihat pohon... lihat bunga... lihat mobil di jalan raya... kenalan sama anak-anak lain... malah... kadang-kadang sama kakeknya... diajakin jalan-jalan sampe ke rel kereta api hihihi...

Dan hasilnya... di usia hampir 16 bulan ini... sekarang ahnaf udah tahu jalan dari rumah sampe ke toko... hihihi... habisss... setiap ahnaf jalan-jalan... kalo lewat depan toko itu... pasti dikasih waferr yang ahnaf suka... hahaha... jadiii... kadang-kadang... kalo kita keluarin ahnaf dari rumah... tuh anak udah lari aja ke toko itu sambil bilang "maem... maem... maem"... padahal tuh toko lumayan jauh juga... en jalannya ga luruss siy... mesti belok 3 kali... tapiii ahnaf tetep tau arah... hahaha... ahnaf berani tuh sendirian ke toko... walaupun kita ga ngikutin tetep ajaa dia bablasss... yahhh... akhirnya kita nyerah juga deee... ngikutin ahnaf dari belakang... ennn begitu ahnaf tau ada yang ngikutin... langsung tambah kencang larinya... hihihi... .
Ato... kadang-kadang... dia minta lari ke arah jalan raya... nah berhubung dari rumah ke jalan raya itu agak jauh... ahnaf pastiii minta diikutin... kalo ga ahnaf jalan sebentar truss noleh-noleh... kalo ga sambil narik tangan... yaahhh... jadiii... jangan salah tuh... tiap pagiii... ahnaf jangan-jangan udah jalan 2-3 kilooo... hihihi...

Trussss... ahnaf udah tau bunyi pesawat terbang... kalo ada pesawat lewat... ahnaf pasti nunjuk ke atas... sambil bilang... "hmmm... hmmm"... trusss... sambil lari ke halaman lihat ke atasss... hehehe...
Trusss... udah tauuu cara manggil burung... jadiii... kalo lagi ada burung... dia pastiiii ngangkatin 2 tangannya ke atassss... sambil dijentik-jentikkan... hihihi... atoo kalo kita bilang "burung... burunggg"... tangan dia dua-duanya udah ke atas sendiri deee... hahaha...

Udah tau caranya naik turun tangga... yaa... gara-gara di rumah sama di halaman itu ada anak tangga 3 buah... en perosotannya buat masukin motor... hmmm... bahkan kayaknya tuh anak... kalo lihat tangga pengennya naik turun ajaaaa... malahh pernah tuhh 3 lantai dijabanin aja sama ahnaf... walaupun masih pake ngerangkak... hahaha... sekarang dia lagi tambah eksplore... mulai turun naik tangga sambil ngangkat kaki... udah deee gedombrangan jatuh... hihihi... malahhh sekarang udah nambah lagi eksplorenya... mulai turun dari perosotan... dari yang mulai turun dari perosotannya tengkurep sambil turun... en naiknya ngerangkak lewat perosotan... ennn sekaranggg... turun dari perosotannya mulai gaya duduk euyyy... wahhh... pas awal-awal gaya duduk mah... mesti diawasin pinggirnya... habiss kadang-kadang oleng ke samping... hihihi... sekarang siy udah agak mahiir tuh turun dari perosotan gaya duduk... dannnn... mulai ada lagi de eksplorenya... maunya turun dari perosotan sambil berdiri... hahaha... udah deee... pokoknya yang ngawasinnya ajaaa yang empot-empotan... habissss tuh anak kelakuannya bikin kita deg-degan muluuu...

Yah... emang siyy... dari awal udah tau resikonya kalo anak itu sering kita ajak keluar... tangan ga pernah bersih... kaki ga pernah bersih... bayangin aja... tiap hari itu... ahnaf sampe 5 kali ganti bajuuu... hahaha... yahhh... dannn kita juga ga bisa terlalu steril juga sama anak... habisss... biarpun diawasin full pun... tetep kecolongan jugaaa ahnaf masukin tangan ke mulut... dan akhirnya... udah dua kali ahnaf kena diare dan disentri... cuma... yah... kita tau resikonya siy... apakah tetep anak di rumah aja dibiarkan mengeksplore sekitar dalam rumah aja... ato kita biarkan anak mengeksplore sesuka hati anak... en berarti pengawasan serta gizi kita mesti lebiihhh lagiiii... biar anak ga sakit en teteppp dengan pola pendidikan yang kita inginkan...

Dannn... resiko lainnya lagiii... yupppsssz... mesti banyak tenaga buat ngikutin ahnaf kemanaaa aja dia mau.. dari mulai jalan-jalannya... ngawasin ahnafnya... main bola... main sepeda... naik turun tangga... wahhh... macem-macemm deee... akhirnya... 3 orang aja buat ngawasin ahnaf bener-bener kecapekannn... hehehe... kalo ahnaf tidurrr... 3 orangnya langsunggg tidur juga kecapekan... hahaha...

Yahhh... perasaan baru sedikittt de cerita tentang ahnaf... tapiii kok postingannya kayaknya udah seabrek yaaaa... aduhhh... habisss kalo cerita tentang ahnaf... emang ga ada abisssnyaaa... ketawaaa mulu kalo inget diaaa... hihihi... ah kapan-kapan lagi aja dee dilanjutin ceritain ahnaf... dari mulai dia bisa apa ajaaa yang bikin tambah ngegemesiiinnn... hehehe...

Alhamdulillah deee... di umurnya ahnaf yang 15 bulan ini... kemajuannya bener-bener menyenangkan hati bunda en ayahnya... biarinnn dee anak lain bisa apa... yang pastiii kemajuan ahnaf sekarang bener-bener sesuai dengan harapan ayah bundanya... en kemajuan ahnaf sekecil apa pun... bener-bener disyukurin banget buat ayah en bundanya... mudah-mudahan... pola pendidikan ini bener-bener baguss buat ahnaf en adek-adeknya ^_^... amiiiinnnn...

We love u much ahnaf...



4 comments:

oRiDo™ said...

halo Ahnaf..

anak pas lagi lucu2nya tuh...
tapi emang sih pas lagi ngerepotin juga..
hehehe..

yang sabar yah bunda nya..
:)

mel@ said...

@orido... iya tuh... umur segitu emang pas lagi lucu-lucunya en pas lagi ngerepotin... tapii gpp deeee ngerepotin... artinya anak tumbuh sehat... amiinnn

LophLovingYou said...

ntar bakal banyak belajar niy dr mbak :D

Anang said...

ahnaffff.... lama gak menjenguk kesini....