Kantor Kedua

Kriteria yang kita pengen...

Sekarang, lagi pada banyaakk banget ngebahas masalah sekolah anak. Ga di dunia nyata, ga di dunia maya, sama aja...

Sebenernya siy. Sekolah itu ga ada yang MUTLAK bagus dan ga ada yang MUTLAK jelek. Tiap-tiap sekolah itu beda-beda sesuai dengan orientasi orangtuanya deh. Ada yang orientasinya pendidikan, ada yang orientasinya karakter, ada yang orientasinya agama, ada yang orientasinya internasional dan banyak macemnya.

Jadi, ga bisa atuh berargumen dengan orangtua-orangtua bahwa sekolah yang kita pilih itu lebih bagus daripada sekolah yang mereka pilih.

Aq sama suami mah lempeng-lempeng ajah kalo ditanya tentang sekolah anak. Maksudku, kalo ada yang nyolot sekolahnya anakku menurut dia kurang bagus yaaa ga perlu sampai marah juga kan? berarti metode pendidikan yang diajarin di sekolahnya anak-anak ga cocok dengan orantuanya. Simple kan.
Ato aq ga perlu setuju bahwa sekolah anaknya dia itu bagus. Wong jelass orientasinya beda. Dan kriteria yang kita pilih juga beda.

Minimal, harus dihargai deh pendapat masing-masing orangtua. Meskipun orangtua itu memutuskan ke sekolah yang menurut kita itu jelek. Ga usah dijudge sana sini. 

Selama ini siy kriteria aq sama suami ga muluk-muluk. 
Yang pasti dari agama, lah kalo dirumah udah kita kenalin doa segala macem, hapalan juz amma. Eh pas sampe sekolahnya malah ga ada aplikasinya kan anak-anak juga  bingung yak :D. 
Biaya, jelass ini poin penting. Kita harus nentuin batas atas biaya sekolah yang bisa dibayar tiap bulannya. Kalo dapat sekolah dengan poin-poin yang kita tentukan dan bayarnya lebih rendah, Alhamdulillah. Bisa tuh selisihnya buat kuliah di luar negeri (swasta yak maksudnya?  qewqeqe)
Jarak, maksimal 5 kilo deh buat anak. Itu pun jangan ngelewatin macet. Kalo udah SMP ato SMA boleh lah 7 kilo. Kebayang yaa, kasian banget anak TK ato SD kalo pergi sekolahnya aja sejam plus macet. Udah keburu capek di jalan. Ini siy ahnaf n nadhiifa walopun 4 kilo masih lah 15 menit sampe sekolah. Itu pun bundanya yang kebayang jauhnyaaaaa. Apalagi kalo lebih jauh, bisa males banget nganterin wkwkwkw
Aq maunya kurikulumnya ke pembentukan karakter anak. Maksudku, biarkan sajalah anak itu berkembang sesuai umurnya. Bukan sesuai umurnya ketika PG ato TK udah dipaksa diajarin baca sampai remedial segala. Ga sesuai umurnya juga kalo SD udah dijejalin teori-teori IPA yang anak itu masih abstrak ngebayangnya. Jadi ketika PG ato TK yaa biarkanlah anak-anak bermain dengan stimulasi yang merangsang sensorik dan motoriknya. ada metode pemimpin kelas bergantian untuk anak. ada autentic learning untuk anak. atau pembelajaran anak melakukan semuanya sendiri.

Masih banyak lagi siy kriteria-kriteria yang ada di list aq n suami. Tapi minimal siy 4 buah itu. Yang pasti harus diingat. Sekolah bukan hanya tempat kita menyerahkan anak-anak kita dan berharap sekolah bisa menjadikan anak kita lebih baik kalo dari orangtuanya sendiri yang tidak berusaha menjadikan anaknya lebih baik ketika di rumah. 

Pengennya siy, kalo anak-anak lulus SD mereka udah hafal 7 juz. Nah lho, katanya ga mau membebani anak, kok anak malah disuruh hapalan al-quran.
Hmmm. Menurut aq n suami pribadi niyy. Kita pengennya bekal agama buat anak-anak bener-bener kuat. Bukan hanya hafalan yang harus dikuatin, tapi dari akhlak, ilmu agama, dan lainnya bener-bener kuat. Hhhfff, dimasa kayak gini kalo agama ga kuat, bisa kena pengaruh negatif yang udah banyak banget sekarang. Dan yang bisa nolong kita yaaa cuma Allah. Jadi mau ga mau yaa memang harus dipaksain agar anak bener-bener untuk mengenal, sayang, minta tolong, dan takut sama Allah. 

Sekarang siy udah diusahakan anak untuk mengenal. Kalo ga kenal ga bisa sayang kan?. Dari yang hapalan juz amma berdasarkan sistem reward. Ato diajakin sholat di masjid kalo ayahnya ada di rumah setiap maghrib dan isya. Dan hal-hal kecil lainnya.

Udah dapat siy calon-calon sekolah untuk anak-anak SD nanti. Tapi ntar diposting terpisah aja kayaknya :)

No comments: