Kantor Kedua

Mencoba Food Combining...

Udah seminggu ini ikutan Food Combining. Hmmm bukan kelebihan berat badan yak :D yang bikin aq memutuskan FC. Secaraa dengan 3 kali melahirkan, dan berat badan 43 kg plus tinggi badan 155cm, badanku itu masih tergolong tipis. Tapi, ikut FC ini lebih ke gaya hidup sehat.

Selama ini aq pikir hidupku itu menjurus ke ga sehat. Minum 2-3 cangkir kopi sehari, ga olahraga, dan kayaknya ga bertenaga setiap harinya. Dulu sih mikirnya, laahh kalo ga pake kopi gimana bisa bangun secara 3 anak beda-beda jadwal tidurnya belon lagi kerja di rumah, jadilah tidurku itu seharian bisa cuma 4-5 jam sehari makanya harus didopping kopi. Ato kalo misalnya aq ga bertenaga, udah deh mikirnya mungkin karena jadwal tidurku kurang jadinya ga bertenaga gini, gituuu terus selama bertahun tahun ini. 

Nah, udah tau dari dulu-dulu sih kalo harus olahraga buat ngembaliin stamina. Secara juga yak, udah umur 30 gini metabolisme juga ga sebagus waktu dulu kan. Cuma, dengan renang sekali seminggu kayaknya kurang yak. Mau gym juga sayang duitnya #uhuk #makirit. Mau lari pagi juga aq ga sanggup, secaraaa tiap hari bangun pagi-pagi udah ribet nyiapin 2 anak sekolah #alesan :D

Akhirnya nemulah FC setelah baca blognya mbak jihan. Udah deh digoogling n dicari buku yang berhubungan dengan FC. Makin tertarik dong yak, secaraaaa di FC ini ga membatasi pola makan sih, cuma mengatur ajah. Jadi, mau makan segimana banyaknya juga gpp. Asal sesuai sama pola dasar FC

Hmm, googling aja yak buat selengkapnya. Ato bisa baca di blognya mbak jihan. Singkatnya ajah. Jadi FC ini mengatur pola makan sesuai dengan pola pencernaan. 
Jam 04.00-12.00 kegiatan utamanya pembuangan makanan
Jam 12.00-20.00 kegiatan utamanya pengolahan makanan
Jam 20.00-04.00 kegiatan utamanya pemrosesan

Nah, di waktu pagi ini, karena kegiatan utamanya pembuangan makanan dan membutuhkan energi yang besar, sebaiknya jangan dibebani dengan makanan yang berat. Ya makan itu yaaa buah-buahan ajah. Pokoknya kalo lapar makan buah aja. Semula sih serem juga yak cuma makan buah di pagi hari. Secaraaa aq tuh maaq akut, jadi telat makan nasi dikit aja pusing mulai menyerang. Ternyata, ga tuhhh euy, kuat-kuat ajah makan buah sampe siang :D

Truss, di waktu siang (12.00-20.00) boleh makan berat. Tapi kalo makan nasi / karbo sebaiknya dipadukan dengan protein nabati. Nah, kalo makan protein hewani dikombinasikan dengan protein nabati. Jangan memadukan protein hewani dengan karbo yak. Kenapa? karena enzim yang mencernanya beda, jadi memberatkan proses pencernaan. Lah? jadi ga boleh makan ayam gitu? siapa bilang ga boleh, boleh tuh dicemil ajah :D. Nah, di FC ini ga membatasi jumlah makan kok. Mau makan berapa kali juga gpp. 

Nah, di malam hari (20.00-04.00) kalo masih lapar, hajar buah lagi aja yak. kenyang kok :D

Biasanya sih aq itu ga suka sayur n buah. Tapi, demi makan nasi dibela-belain deh tiap hari masak sayur wkwkwkwk. Cuma, seminggu ini sih kerasa bedanya di stamina yak. Dan, udah kerasa banget ga butuh dopping kopi lagi. Walaupun masih cheat minum 1/2 cangkir kopi :D. Tapi tapi kata erikarlebang juga dalam waktu seminggu bisa cheat 2 hari untuk makan bebas biar ga bosan #pembenaran #alesan

Ada sih temen yang komentar kalo ikutan FC itu butuh biaya tinggi. Hmm, ga kok, malahan menghemat biaya :D. Lah, nyari buahnya jangan disupermarket atuh. Untungnya sih tinggal di ragunan, jadi banyak banget tukang buah kaki lima disekitar rumah. Biasanya sih beli pepaya yang 1 buahnya cuma 8rebu. Ato beli belimbing yang sekilonya cuma 15rebu. Ato beli jambu biji yang sekilonya 10rebu. Kadang-kadang beli apel sih yang sekilonya 15 rebu. Tuhhh, berhubung di rumah cuma aq yang FC, kadang-kadang beli segitu bisa habis 2 hari, padahal anak-anak juga kadang ikutan nyemil buahnya juga. Lebih irit kan?

Tiap hari juga sayur selalu ada, dan mulai variatif, biasanya bundanya cuma masak 2-3 lauk ajah, en kadang-kadang aja inget pake sayur. Sekarang udah mulai ditambahin sayur jadi menu tetap harian.

Sekarang sih, aktivitas renang belon mulai. Pengennya sih ke sebelah rumah aja, yang kolam renangnya keliatan dari jendela :D. Cuma, ntar takut disangka maling lagi kalo nekat nyebur kesana :D

Pengen sih ikutan FC sampai ntar. Karena FC ini kan bukan cuma diet yang ada jangka waktunya yak. Tapi lebih ke pola hidup sehat. Maunya sih jadi gaya hidup juga sih. Pokoknya tujuan utama sih sehat bukan ke penurunan berat badan. Ya ampuun berat badan 43 kilo ini mau diturunin? truss ntar aq mau jadi apa cobak? :D

4 comments:

Bibi Titi Teliti said...

duh,
memang kalo usia thirty something, udah harus mulai concern ama kesehatan yaaah...

dan emang ideal nya sih gituh,...
banyak makan sayur, buah, minum air putih...dan olahraga...

dari dulu udah diniatiiiiin...
tapi masih dinanti nanti gitu deh...hihihi...

Kalo ngopi mah, aku sekali2 aja kalo lagi pengen banget...suka kembung soalnya *sudah uzur*...hihihi...

mel@ said...

iya nih mbak erry. kerasa banget udah tuanya wkwkwkwk makanya harus mulai hidup sehat deh
cumaaaa, pas mulai ternyata ga seberat yang dibayangkan kok :D

Bunny Cat said...

hiks sirik banget....kok bisa anak 3 masih 43 :'(

mel@ said...

@mbak novi : wkwkwk udah naik mah itu mbak. Dulu waktu kuliah malah 36 :D. Jadilah kayak tengkorak dipakein baju :D. Yah lumayanlah sekarang agak-agak montok dikiiitttt