Kantor Kedua

Kasus Baru...

Hikss... hikss... hilang deeee ASI eksklusif buat ahnaf...
Habisss... di umur 5 bulan... ahnaf udah kenal susu formula... huwaaaa... huwaaaa...

Bukan gara-gara ASI bundanya habiss... bukan juga gara-gara bundanya maless nyusuin... bukan juga gara-gara bundanya kerja... trussss... bukan juga gara-gara bundanya terpengaruh iklan susu formula anak yang bejibun n menggiurkan itu... hihihi...

Tapiii... gara-gara PD bundanya leceeettt paraaahhh... yaahhh gitu deee... kalo lecett biasa mahhh... udah biasa dari dulu... tapiii leceeettnya sekarang mahh bener-bener parah... sampai bernanah segala...

Awalnya siiiyyy... gara-gara Ahnaf sakit flu waktu awal agustus... nahhh tau sendiri kan kalo bayi lagi flu... jadi males minum gara-gara hidungnya kesumbat... padahall kan kalo lagi sakitt haruss banyak-banyak minum ASI biar cepet sembuh... ya udah dee... bundanya akhirnya ngalahh... menyusui tidak sesuai dengan teknik yang benar... nyusuin ahnafnya ga sampe full areola... tapi di ujungnya aja... alhamdulillah siiyyy... dengan teknik kayak gitu... ahnafnya doyan minum lagi...

Ternyata... gara-gara teknik yang ga bener itu... akhirnya luka kebuka gitu deee di sekeliling puting... emang siiiyy udah sakittt kalo disusuin... tapiii dicuekin aja... wong biasanya juga lecet... apalagiiii katanya kalo lecet itu kena ASI biasanya sembuh sendiri... ehhhh makin lama makin lama... lukanya makin ga sembuh-sembuh... malah makiiinnn sakiiitttt banget... apalagi kalo disusuin... wahhhh rasanya kayak lagi sariawan 5 berjejer... trusss digigit-gigit... hhhfff... udah sering tiap nyusuin sambil nangis gara-gara nahan sakiiittt... udah gituuu... ahnaf mah kalo nyusuin ga tanggung-tanggung... sejam an gitu... yahhh... tanya-tanya siiiyyy... kalo ASI nya berdarah... diminum bayi ga apa-apa... makanya masih tenang tuhhh...

Cumaaa... selama sebulan masih tetep bertahan mau nyusuin ahnaf... pokoknya ahnaf harus ASI eksklusif... emang siiyyy ayahnya udah ngebujuk buat ganti susu formula... habisss dia kasihan kaliii liat istrinya yang nahan sakit tiap nyusuinn... udah nyoba siiiyyy buat dipompa pake pompa ASI... ehhh... itu kan pompanya model hisap gitu... udah dee... lukanya malah tambah terbuka aja... dipompa pake tangan... wahhhh... berhubung niiyyy PD ukurannya mini... malah tuh ASI muncrat kemana-mana... meskipun udah sampai bungkuk-bungkuk segala... yang ada hasilnya... PD nya tambah lecet... pusing gara-gara kebanyakan bungkuk... ehhh kekumpulnya cuma 20-30 ml... lahhhh... mana cukup atuuuhhh buat ahnaf yang minumnya bisa jam-jam an... hahaha...

Akhirnyaaa... setelah sebulan bertahan... runtuh juga akhirnya... gara-gara lecetnya udah berubah jadi bernanah... hhhfff... langsung khawatir kannn... takutnya ntar kenapa-kenapa lagi kalo diminumin ke ahnaf... konsultasi ke SPOG ku pas hamil... disuruh datang pas dia praktek...
Ternyata... pas SPOG ku lihat... dia langsung komentar gini..
ya ampuuunnn meeelll... ko sampe kayak gini siiiyyy... hebat banget siiyy kamu bisa nahan sakit sampe 3 minggu lebihhh...

eh mel... boleh aku foto ga... soalnya ini kasus baru niyyy... aku ga pernah nemuin kasus PD yang lecet separah ini... jadiii... ini ntar bisa dijadiiinn bahan diskusi sama temen dokter ku yang lain...
Hihihi... ternyaaataa... PD ku ini lecetnya parah tohhh... kiraiiinn masih biasa aja... habisss... kirain kalo busui itu pasti lecet... malahhh... gara-gara sampe parahnya sampe minta foto segala... hahaha... wahhhh... bisa kena sensor UU APP tuh... hihihi...

Ya udah deee... dikasih segala macem salep sama dokternya... yahhh... kata dokternya siiyyy salep itu ga apa-apa kalo kena minum bayi... jadi... kalo ahnaf mau minum... dibersihin seperlunya aja...

Akhirnya setelah didiskusiin sama ayahnya ahnaf... kita sepakat deee buat ngasih ahnaf susu formula dulu... yaaahhh... habisss... setelah dipikir-pikir... daripada selama 10 kali setiap hari ahnaf minum kena sama salep... mending dikasiiihhh sufor aja deh dulu... wonggg sama obat kalo ahnaf sakit aja kita masihhh liat-liat buat kasih ke ahnaf... ehhh... masa salep ini dikasih ke ahnaf sampe 10 kali sehari...

Emang siiiyyy... sehari masih nyusuin ahnaf juga... tapi paling 2-4 kali... buat ngehilangin bengkak... itu pun biasanya aku mandi dulu biar salepnya banyak hilangnya... walaupun masih ada dikit... eeehhh... pernah siiiyyy... pas awal-awal dikasih salep... waktu mau nyusuin... aku bersihin bener biar ga ada sisanya... yang ada bukannya bersiiihhh... malah lukanya jadi nambah... hihihi...

Yahhh... akhirnyaaa... setelah 5 bulan... ahnaf udah ga ASI ekslusif lagi... hiks... hikss... hiksss...
Jadiii... buat ibu-ibu lain... yang ASI nya banyak... yang PD nya sehat-sehat aja... bersyukur deee... ga perlu kasih sufor buat bayinya...

Maafin bunda yah naf... bunda udah berusaha bener-bener kok buat ngasih yang terbaik buat kamu... tapiii untuk saat ini... sepertinya yang terbaik yang bisa bunda kasih cuma susu formula... maafin bunda juga... ga bisa ngasih yang terbaik buat ahnaf... hikssss... hiksss... hikssss... jadi sediiihhh deee...

Doainnn cepet sembuh yaaa...
Habisss... selama sakittt... asliii... ga bisa ngapa-ngapain... habissss gerak aja sakiiittt... untung ada mak nya ahnaf yang ngebantuin beberes rumah, gendong n ngasuh ahnaf...

Kangeeennnn niiiyyy... nyusuin ahnaf full lagi... kangeeeennn main n becanda sama ahnafff... kangen beberes rumah lagiii...

6 comments:

Anang said...

hmm pd itu apa ya bu mel,.. *sok gak ngerti*

ah ahnaf cepet gede ya nak, tar maen2 ama om yeuh...

alumni STAN said...

Usul kpd produser sinetron nih kaya nya ini blog bagus juga buat diangkap ke layar tivi (belum ada kan didunia blogger kisahnya jadi sinetron. Dari jomblo, dapet gebetan, walimah, hamil, melahirkan, asi eksklusive, lika-liku nyari rejeki..... keluarga sakinaf lagi.... kita dukung deh. Saya yg ngak pernah nonton tipi kalo ini jadi sinetron janji deh nonton tipi (2 episode aja ya!)...

-maynot- said...

Nara juga udah nggak eksklusif kok, Mel :) Sepuluh hari sebelum lebaran (berarti 5 bulan kurang beberapa hari) Nara mulai minum su-for juga. Karena ibunya kena macet, harus pulang jauuuh setelah jam buka, dan simpenan ASI di kulkas udah gak cukup. Daripada kelaparan... :)

Yaah... gak apa2. Yang penting masih kena ASI. Jaman Ima dulu, malah ASI eksklusif tuh baru dianjurkan sampai 4 bulan, di atas 4 bulan udah disuruh kasih makanan pendamping. Ima hidup juga tuh... hehehe... sehat lagi!

BTW, kalau masalahnya cuma takut Ahnaf kena salep, kenapa ASI gak diperas aja? Pakai teknik Marmet, jangan pakai pompa, biar putingnya nggak iritasi. Kalau pakai teknik Marmet, yang diurut dan diperas kan kantong susunya, sementara kalau pakai pompa tuh putingnya yang diforsir :)

Dian said...

hmmmm, kesian jadi bayi saat ini...melamin lah, krisis global lah..., ck ck ck, piye kabare mbak?

alex said...

berartii 5 bulan aja udah lumayan tuh mbak

nidyizsme said...

mba..kl puting lecet bisa pake nipple silikon loh..coba deh..fungsinya untuk melindungi nipple bahannya kaya dot susu gitu tp lebih tipis..cari di toko baby deh mba..atau kmrn aku liat di mother care kelapa gading..