Kantor Kedua

Calistung Sejak Dini? Harus Gitu?

Banyak sih yang nanya, terutama ortu lah yaaaa, kenapa ga mewajibkan anak-anak aq diajarin calistung.

Sebenernya sih, aq cenderung ke trauma aja. Udah tau lah yaaa, penelitian dimana-mana kalo anak yang diajarin calistung sejak dini / belum siap mengalami kram otak ketika kelas 4/5 SD. Jadi si anak akan mogok sekolah ketika kelas 4/5 SD. Nah, aq itu punya keponakan (anaknya sepupu langsung yang emang sejak kecil sering ngumpul bareng) yang dia itu mengalami hal seperti itu. Waktu dia kelas 4 SD, dia bener-bener mogok sekolah selama setahun. Ga naik kelas doong, dan sejak itu nilainya jadi drop padahal menurut aq sih waktu kecil dia lumayan pintar kok.

Sebenernya sih penelitiannya ga bisa digeneralisir untuk setiap anak lah yaaa, kalo aq ngejelasin ke nyokap juga pasti bakal ngga kena. Secaraaa, aq itu bisa baca di umur 3 tahun, ga masalah tuh sampe sekarang. Cumaaa, maksud aq, aq itu ga berani coba-coba sama anak lah. Emang jelek sih, jadi parnoan ginih bundanya. Cumaaa, kalo ternyata anakku jadi seperti itu, gimana ntar bundanya ga nyeseeeellll. Mending kan ngepraktekkin yang aman aja.

Lah, trussss anak di rumah ga diajarin dan distimulasi apa-apa gitu? 
Di rumah sebenernya sih stimulasinya justru penguatan karakter dan personal anak-anak sih. Misal belajar untuk life skills mereka. Mereka makan pagi, makan siang, makan malam sendiri. Lumayan lama lhoooo, apalagi yang baru belajar makan :D, belon lagi ngeberesinnya hahahaha. 
Atau, belajar sambil bermain sama anak-anak. Untuk anak-anak yang sudah tahu abjad. Biasanya aq main tebak-tebakan, Misalnyaaa binatang apa yang depannya huruf D, atau binatang apa yang belakangnya huruf M. Gituuu sih. 
Atau, bisa belajar untuk belajar bertanggung jawab. Di rumah, jika anak-anak menumpahkan sesuatu, yaaaaa mereka harus ambil lap pel dan dibersihkan sendiri. Terserah sih bersih ato ga, tapi yang penting mereka harus bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan

Belajar hal seperti itu justru yang lumayan melelahkan lah yaaaak. Ini lagi dalam proses untuk merundingkan peraturan untuk ahnaf yang ditulis sendiri oleh ahnaf dengan bahasa positif (masukan dari tetum, dan aq pikir bagus juga sih). Mudah-mudahan sih lancarrrr

Ehhh, tapiii bukan berarti yang belajar calistung sejak dini itu bukan jadi ortu yang memaksakan anak yak. Semua itu balik lagi ke tujuan ortu masing-masing aja. Ini sih sebenernya karena aq melihat sendiri apa yang terjadi dengan keponakanku, makanya jadi trauma juga ke anak-anak dan mencari konsep pendidikan apa yang terbaik menurutku. Jadiiiii pendidikan yang terbaik menurut aq belum tentu yang terbaik menurut orang lain. Daan ituuu sah-sah aja kok.

Mengingat ayah dan bundanya yang pecicilan. Aq n suami cukup sadarrr banget sih akan tingkah laku anak-anak yang luar biasa lincahnya hahaha. Jangan ditanya berapa kali ahnaf, nadhiifa, dan syakira itu jatuh dan mencoba-coba bermacam-macam barang. Jadi lumayan sadarrr, seberapa merepotkan kita terhadap orangtua duluuuu hahahaha 

7 comments:

hilman awaludin said...

hatur nuhun gan infona meni menarik pisan.

mirna fitriani said...

makasih gan infonya menarik sekali, mudah2an saja infonya bisa bermanpaat, amin.

Obat Mata Minus Yang Sudah Parah said...

nice

OBAT MATA SILINDER YANG SUDAH PARAH said...

nice post

Apotek Herbals said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Obat Ejakulasi Dini Paling Mujarab said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Bodet Bey said...

thank you for this article is provided, hopefully benefit

Obat Benjolan Di Vagina