Kantor Kedua

Belajar Bisnis...

Belajar...
Yap... ini bener-bener kata favorit kami berdua...

Dari mulai suami yang lagi belajar segala macam bahasa... dari kursus bahasa arab di kantor... kursus bahasa inggris di wall street... kursus online bahasa jerman... kursus online bahasa spanyol... sampe dibela-belain tuh beli kamus di amazone...

Wah... macem-macem dee... meskipun belum fasih... tapiiii... kalo ngarti-ngartiin dikit siy udah mulai bisa...
Truss... udah gitu belajar tajwid... tahsin... pengajian... mabit... belajar bisnis ato apalah yang sering dia ikutin...

Emang siy... pas awal-awalnya sebel juga ngeliat dia pergi mulu... walopun istrinya sering diajakin siy... tapiii kan dulu itu pengennya honeymunan doang di rumah... hihihi... sekarang mah... aku sangat-sangat ngedukung kegiatan dia... yahhh selama kita masih punya budget berlebih selagi tabungan, kebutuhan primer en sekunder sudah terpenuhi... kenapa engga dipake buat belajar daripada buat shopping?.. asal istri en anaknya ikut juga... hehehe...

Nahhh... sekarang jadi mulai nular niy... semangatnya misua buat belajar apa aja... sekarang... lagi seru-serunya belajar crochet... knitting... beads... cross stitch... cards... setidaknya sekarang... aku bisa buat sweater, baju, tas, hiasan, cards, shopping bags... banyak lagiii dee yang ngebuat aku bisa belajar banyak... bahkan semakin aku belajar... semakin penasaran buat coba yang lainnya...

Belum lagi sekarang... mencoba buat online shop di MP... yappp... emang banyak yang skeptis siyyy... aku bisa ato ga... mengingat bakat bisnisnya aku yang cuma seupil... hehehe... plusss ga tegaan... jadiiii ngambill untungnya dikiiittt bangeet... malah kalo sama ongkos angkot kali tuh untung udah mabur... hehehe... tapiii aku yakin kok... yang penting dari belajar ini kan sebenernya bukan hasilnya... tapiii prosesnya...

Yap... prosesnya... gimana caranya aku mesti belajar tahu selera pasar... gimana caranya aku mesti memanage harga dari promosi, packaging, dan sebagainya biar setidaknya aku tuh ga kerja bakti... hehehe... gimana caranya aku tuh mesti promosi... ato... mesti menawarkan apa ketika ada customer yang nanya... ato itung-itungan ketika customer minta diskon... ato juga manage stock... biar duit yang ada... ga semuanya hilang... semua itu kan termasuk proses belajar... dannn... meskipun untungnya masih kecil... tapiii setidaknya udah ada proses buat jalan maju... en ini yang lebih bikin nikmat... yahhh... selagi keluarga masih bisa ngandelin gaji dari misua... kenapa engga aku mencoba utak-atik segala macam yang bisa aku kembangkan dari online shop ini...

Malah... sekarang... untuk online shop ini... aku mencoba bikin cards sendiri... yappp... udah disebutin kan di atas kalo lagi belajar cards... emang siyyy masih ga gitu baguss... tapiii alah bisa karena biasa kan?... kalo misalnya aku bisa ngasih sesuatu yang lebih buat customer kenapa engga?... tohh juga itu menghasilkan sesuatu buat aku... pengalaman bikin cards yang makin terasah... trusss... sekarang juga dikasih shopping bags... pasti doongg buat sendiri... sekali lagiii... itu termasuk proses belajar lho... yang bener-bener aku nikmatin...

Sekarang mah... yang penting bukan hasilnya... tiap bulan aku laku baju berapa... tiap bulan dapet berapa... tiap bulan omzet berapa... tapiiii target pribadi yang mesti diselesaiin tiap hari... trusss langkah maju apa yang mesti ditambah tiap hari... dannn menurut aku... itu jauuuhhh lebih berguna...

Sekarang... aku lagi belajar MLM online... yappp... MLM online... di DBC Network... aku tauu kok... banyak yang apatis, skeptis, bahkan illfill sama MLM... nahhh... kalo menurut aku... justru disitulah letak proses belajarnya... gimana siy caranya bikin mereka yang apatis, skeptis, ato illfill itu berubah...

Tenang ajah... buat temen-temen aku... aku ga bakalan ujug-ujug dateng ke mereka... truss tiba-tiba menerangkan MLM... aku juga ga bakalan ujug-ujug nerangin ke mereka bahwa kita bisa lho dapet 2 juta - tak terbatas per bulan cuma online 2 jam sehari... ga... ga bakal... kenapa?... aku ga mauu orang yang diskusi sama aku itu cuma tertarik dengan hasil... aku pengennya diskusi dengan aku itu juga menghargai proses yang ada...

Jadii... kalo ada yang dateng ke aku en mau diskusi tentang MLM kenapa engga?... asal jangan ngotot aja yah... buka pikiran... buka hati... buka dompet... hehehe... masing-masing gpp kan?... tohhh ga rugi kan?... aku dapet pandangan baru tentang MLM... orang lain juga dapet pandangan baru tentang MLM... kita sama-sama belajar... justru itu yang aku cari dengan ikut MLM online ini... coba kesini yah...

Proses belajar itu ga bisa diukur dengan uang... dan belajar itu bisa apa ajah... hasil yang berlebih kan cuma bonuss... kalo misalnya ga dapet... tohhh juga dapet ilmu kan?... justru itu yang paling berharga... jadiiii... aku pikir... dengan hanya mengeluarkan uang 39.900 saja... aku bisa mendapatkan proses belajar yang sepadan... hasil yang insya allah sepadan... kenapa engga?... toh juga ngeluarin duit segitu ga cukup cuma beli 1 baju ajah... yakiiinnn deee... pasti banyak juga kan yang shopping lebih dari duit segitu...

Yaah... doain yaaa... aku en suami bisa belajar terus... terus... en terusss... semua itu kan juga buat ahnaf en calon adiknya... kayaknya lebih prefer kita ngewarisin ilmu buat ahnaf... daripada materi... amiinn

No comments: